Saturday, July 30, 2016

Beberapa Alasan Masuk Paskibra [Versi Siswa Baru]

Semua orang pasti punya alasan ketika melakukan sesuatu.

...tak terkecuali ketika memutuskan untuk ikut menjadi anggota paskibra.

Anggota paskibra dari tahun ke tahun pasti memiliki alasan yang sama, entah kenapa bisa terjadi seperti itu.

Coba kamu ingat-ingat deh, bagaimana cara menjawab pertanyaan dari seniormu yang kurang lebih seperti ini.

"Dek, kenapa sih kamu ikut paski?"

Apakah jawabanmu sama dengan yang saya tuliskan di bawah ini???

Alasan siswa ikut paskibra ketimbang ekstra lain adalah...


Alasan-alasan yang saya tulis di sini adalah hasil analisa saya sejak beberapa tahun bergelut di dunia ini.

Silakan dinikmati.

1. Ingin disiplin


Ini motivasi masuk paskibra yang paling klasik.

Hampir setiap orang yang jadi paskibra dulunya pasti pernah menjawab pertanyaan "Dek, kenapa sih kamu ikut paski?" dengan jawaban "Saya ingin disiplin"

Lalu ketika ditanya lebih lanjut mengenai disiplin yang bagaimana mereka tidak bisa jawab.

Apa junior yang ditanyai tersebut salah? Jelas tidak.

Bagi saya, ketika senior bertanya seperti itu maka dia sedang mengetes junior "Apakah dia sama seperti saya dulu?" ;)

2. Ingin membanggakan orangtua


Selain, ingin jadi anak yang disiplin pasti anggota paskibra juga ingin membanggakan kedua orangtuanya.

Bagaimana caranya agar orang tua bangga terhadap anaknya yang notabene menjadi anggota paskibra?

Sudah pasti banyaklah....

Satu contoh....

Beberapa tahun lalu, saya tembus seleksi paskibraka di tingkat kota.

Nah, di tingkat kota saja orangtua saya bangga banget apalagi ketika mereka duduk di tribun kehormatan yang telah disiapkan sambil melihat saya.

Seakan-akan saat itu saya mendengar orangtua saya teriak,"Itu lho anak saya yang di barisan!" (itu imajinasi saya)

Tapi yang nyata ada kok, orangtua saya cerita kurang lebih begini pada saya....

"Tadi pas kamu tugas toh nak, aku dengar orang di depanku ngomong-ngomong kalau yang mengibarkan bendera itu anaknya. Orang itu cerita sama sebelahnya gitu."

Padahal, belum tentu benar. Semua kemungkinan bisa terjadi, meskipun saat latihan anaknya itu sebagai pengibar. ;)

3. Menunjukkan jati diri


Banyak anggota paskibra adalah orang-orang yang sudah "yoii" dari sananya.

Untuk itu mereka bergabung ke dalam paskibra agar bisa menunjukkan kemampuan yang dimilikinya.

Apapun itu mereka kepingin menunjukkannya kepada khalayak.

Sebagai contoh, dia ingin menunjukkan bahwa dirinya itu kuat dan tahan banting lalu dia membuktikannya dengan mengikuti paskibra dari awal sampai akhir.

Motivasi satu ini beda tipis dengan ingin populer di sekolah.

Untuk itu, jika memiliki motivasi ini jangan terlalu berlebihan karena nanti malah dikira orang ingin jadi hits.

4. Melatih mental


Melatih kedisiplinan otomatis melatih mental juga.

Disiplin tanpa mental yang bagus sama saja bohong.


mental alasan masuk paskibra

Mungkin di setiap pangkalan memiliki caranya sendiri dalam melatih mental dan memupuk nilai-nilai kedisiplinan.

Alasan ini biasanya dinyatakan ketika akan memulai kegiatan pelatihan paskibra.

5. Ingin tetap dekat dengan dia


Nah, jika kamu ingin tetap dengan dia dan dianya ini adalah temanmu itu wajar.

Tapi ketika kamu ingin tetap dengan dia dan dianya ini adalah gebetanmu itu lebih dari wajar.

(Hahaha. Seakan-akan gebetan mengalahkan segalanya.)

Sejak dari awal terjun ke dunia ini, saya sangat jarang mendengar jawaban semacam ini.

Alasannya beragam, mulai dari malu sampai karena (mungkin) aturan paskibra yang tidak boleh pacaran.

Kesimpulan


Nah itu dia alasan-alasan yang sering dinyatakan oleh anggota paskibra ketika ditanya seniornya,"Dek, kenapa sih kamu ikut paski?"

Apakah kamu punya jawaban berbeda?

Silakan utarakan jawaban itu di kolom komentar.

Atau jika 5 alasan di atas sama dengan apa yang kamu rasakan, kamu bisa membagikan artikel ini ke teman-temanmu. Hitung-hitung mengingat masa seleksi paskibra. :)

Terima kasih.

1 komentar sejauh ini

ingin membanggakan orang tua dan mengharumkan nama sekolah

Ayo berkomentar! :)

Ungkapkan pendapatmu!
EmoticonEmoticon