Wednesday, August 17, 2016

Jalannya Upacara Pengibaran Bendera Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71

Setelah tanggal 15 Agustus lalu calon paskibraka 2016 melaksanakan gladi bersih dan dilanjutkan dengan pengukuhan 67 anggota paskibraka...

...pada tanggal 17 agustus 2016 paskibraka tersebut bertugas.

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 ini dihadiri para pejabat negara dan perwakilan negara sahabat.

Upacara berlangsung dengan hikmat dan lancar, tidak terlihat kesalahan-kesalahan yang berarti.

Pada HUT Indonesia yang ke-71 yang menjadi inspektur upacara adalah Presiden Joko Widodo

Serta komandan upacaranya adalah Kolonel Infanteri Putera Widyawistara.

Komandan Upacara HUT Indonesia ke-71

Seorang prajurit TNI yang lahir pada tanggal 3 April 1971 dan lulus Akmil Tahun 1995. Saat ini menjabat sebagai Komandan Brigif 22 Kodam VII Wirabuana/Gorontalao.

...Brigade Infanteri 22/Ota Manasa atau Brigif 22/OM adalah Brigade Infanteri yang berada dibawah kendali Kodam VII/Wirabuana. Mako berkedudukan di Gorontalo.

Brigade ini diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jend. TNI George Toisutta pada tanggal 15 Desember 2009 bertepatan dengan peringatan Hari Juang Kartika tahun 2009 di Jakarta.

Salah satu jabatan yang pernah diemban adalah Danyonif Linud 328.

Dan yang bertugas sebagai Komandan Paskibraka (Danki) ialah AKP Lalu Hedwin Hanggara, S.IK.

Saat ini, pria kelahiran 19 Maret 1985 tersebut bertugas sebagai Paur Binops Ditlantas Polda Metro Jaya.

Hmm..

Dalam rangkaian pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Proklamasi RI di Istana Negara, Jakarta Pusat, 3 matra TNI diterjunkan untuk mensukseskan jalannya upacara.

Komposisi Pasukan Upacara Kehormatan dari tiga matra TNI tersebut berdasarkan penerangan resmi Pusat Penerangan (Puspen) TNI adalah sebagai berikut:

Pasukan Kehormatan TNI AD

Terdiri dari Taruna Akademi Militer (Akmil) berjumlah 35 personel yang dipimpin Kapten Czi Isak, Protokol Brigif I/JS sebanyak 76 personel yang dipimpin Kapten Inf Wicaksono dan Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) tak kurang dari 50 personel yang dipimpin Letda Chk Feri.

Pasukan Kehormatan TNI AL

Terdiri dari Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) sebanyak 40 personel yang dipimpin Mayor Mar Didik, Protokol Brigif 2 Marinir Cilandak berjumlah 83 personel yang dipimpin Kapten Mar Teguh serta Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) sebanyak 47 personel yang dipimpin Letda Laut (KH/W) Yosofina Hatimena.

Pasukan Kehormatan TNI AU

Terdiri dari Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) yang berjumlah 35 personel dipimpin oleh Lettu Pom Hendro, Paskhas sebanyak 71 personel yang dipimpin Kapten Pas Puji dan Wanita Angkatan Udara (Wara) sebanyak 43 personel yang dipimpin Mayor Yonita.

Diringi Korps Musik (Korsik) Gabungan dari TNI AD, TNI AL, TNI AU dan POLRI dengan total 275 personel Korsik yang dipimpin Mayor Caj Sutomo.

Tatang menambahkan, pada upacara tersebut dikerahkan pula satu Rai Armed 7/Tarik yang bertindak sebagai “Salute Gun’’ untuk Upacara Detik-Detik Proklamasi yang berjumlah 75 personel.

Serta tidak lupa ikut hadir juga adalah Gita Bahana Nusantara.....

Dalam rangkaian upacara pengibaran bendera tahun ini ada 4 perbedaan yang begitu mencolok, yaitu:

1. Bendera Pusaka diperlakukan dengan berbeda

Pada upacara kemerdekaan sebelumnya, bendera pusaka hanya diletakkan di depan Presiden selama upacara bendera berlangsung.

Kali ini, sang merah putih akan diarak dari Monumen Nasional (Monas) ke Istana dengan menggunakan kereta kencana Ki Jaga Reksa (milik pemkab Purwakarta) yang ditarik 4 ekor kuda.

Arak-arakan bendera pusaka tersebut dapat disaksikan masyarakat umum. Presiden ingin agar simbol negara dapat disaksikan sekaligus dihormati oleh masyarakat.

2. Tamu khusus

Upacara kali ini juga akan berbeda karena Jokowi mengundang beberapa tamu khusus.

Mereka adalah para juara olimpiade matematika dan sains, sosok-sosok inspirator pembangunan di masyarakat, serta para pelajar yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak dan sekolah dasar.

Total, ada sekitar 200 orang dari inspirator masyarakat, para juara olimpiade serta anak-anak yang diundang ke Istana Merdeka.

3. Video 360 derajat

Untuk pertama kalinya upacara 17 Agustus di Istana bisa ditonton lewat teknologi 360 derajat melalui akun YouTube dan Twitter Presiden Jokowi.

Melalui teknologi video 360 derajat, netter akan disuguhkan tampilan video dengan sudut pandang seolah berada langsung di lokasi upacara.

Penonton cukup menggeser tampilan layar di gadget untuk memutar posisi pandang ke segala arah yang diinginkan.

"Kali ini, kita bisa saksikan detik-detik Proklamasi #RI71 dgn teknologi kamera 360° lewat kanal YouTube & Twitter saya -Jkw," kata Jokowi lewat akun Twitternya, @Jokowi

Nah.... Ini nih... Karena ini blog paski maka ini yang terakhir saya tuliskan...

Tim Paskibraka yang bertugas pada pagi ini diberi nama Tim Arjuna.

Tiga orang yang bertugas untuk mengibarkan bendera merah putih ialah Rahmat Duhe perwakilan Provinsi Gorontalo dari SMAN 1 Dulupi.

Muhammad Akbar sebagai pembentang bendera perwakilan Provinsi Kalimantan Barat dari MAN Model Singkawang.

...serta Muhammad Aditya Ersyah Lubis sebagai pengerek bendera perwakilan Provinsi Banten dari SMAN 3 Kota Tangerang.

Lhah... mas, yang jadi Pembawa baki siapa mas?

Yang beruntung untuk menjadi pembawa baki pada tahun ini adalah Nilam Sukma Pawening perwakilan Provinsi DKI Jakarta.

Pembawa Baki 2016

Pada sore tanggal 17 Agustus ini tim penurunan akan melakukan upacara penurunan bendera.

Semoga sukses! Semangat! Kerja! Kerja! Kerja!

Ayo berkomentar! :)

Ungkapkan pendapatmu!
EmoticonEmoticon