Monday, October 24, 2016

Syarat dan Ketentuan Menjadi Paskibraka

Kamu pengen jadi Paskibraka 2017?

Jika kamu dulu berharap bisa keterima di paskibra sekolah, sekarang berangan-anganlah masuk paskibraka 2017…

…paskibraka nasional yang bisa mengibarkan bendera di Istana Negara.

Karena dengan kamu masuk menjadi anggota paskibraka, kamu akan mendapatkan segudang keuntungan.

Oke langsung saja…

daftar syarat jadi paskibraka nasional 2017

Syarat menjadi paskibraka


Secara umum syarat-syarat yang harus dimiliki mencakup hal-hal dengan kriteria di bawah ini…

  1. Anggota Paskibraka harus memiliki akhlak yang bagus,
  2. Anggota Paskibraka harus beragama dan taat pada agama yang dianutnya,
  3. Anggota Paskibraka harus berbudi pekerti dan bertingkah laku baik,
  4. Anggota Paskibraka harus memiliki mental yang kuat dan moral yang baik,
  5. Anggota Paskibraka harus dapat bertanggung jawab,
  6. Anggota Paskibraka harus berkepribadian baik,
  7. Anggota Paskibraka harus bersahaja,
  8. Anggota Paskibraka harus bersikap sopan,
  9. Anggota Paskibraka harus disiplin,
  10. Anggota Paskibraka harus bersemangat,
  11. Anggota Paskibraka harus sigap, tangkas, dan lincah.
  12. Berpenampilan segar, gembira, dan menarik,
  13. Pandai bergaul (supel) dan ramah,
  14. Tinggi badan (minimal-maximal) putra: 170cm-180cm dan putri: 165cm-175cm. Tahun 2016 kemarin, yang diutamakan adalah yang memiliki tinggi 172cm.
  15. Berat badan ideal dan proporsional (tidak terlihat gemuk ataupun kurus),
  16. Kaki tidak tinggi sebelah, varises, O atau X.
  17. Tubuh simetris dan proporsional (tidak terlihat panjang sebelah),
  18. Anggota Paskibraka harus memiliki postur tubuh yang tegap,
  19. Tangan tidak panjang sebelah,
  20. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan dokter),
  21. Tidak berpenyakit dalam, menular, atau kronis,
  22. Memiliki ketahanan fisik yang kuat,
  23. Tidak cacat,
  24. Gigi rapi,
  25. Kulit bersih,
  26. Mata sehat (tidak buta warna dan/atau minus/silinder/plus),
  27. Memiliki nilai raport yang diatas rata-rata kelas (dibuktikan dengan raport sekolah),
  28. Berjiwa kepemimpinan,
  29. Bisa dan tau masalah baris berbaris,
  30. Dapat berbahasa inggris aktif (talking-talking :D),
  31. Belum pernah menjadi anggota paskibraka (Kota/Kabupaten/Provinsi/Nasional),
  32. Mendapat ijin dari orang tua dan sekolah,
  33. Memiliki pengetahuan tentang daerah asal,
  34. Bisa menampilkan sebuah kesenian daerah asal,
  35. Bukan perokok dan pecandu narkoba,
  36. Siswa/i SMA/SMK/MA sederajat kelas 10 (pada saat tugas 11),
  37. Siswa berusia 16-18 tahun.

Semangat!


Hmm… 37 syarat/kriteria di atas harus terpenuhi agar kamu bisa masuk dan menjadi paskibraka (khususnya nasional) 2017.

Mas apa kalau cuma kota harus terpenuhi semuanya?

Kalau tingkat provinsi bagaimana mas?

Untuk tingkat kota maupun provinsi saya tidak bisa memastikan, itu menyesuaikan kondisi per daerah.

Jadi coba tanya kakak kelas/senior di sekolahmu untuk keterangan lebih lanjut.

Sip! Selamat berjuang! Jangan lupa share artikel ini ya, biar makin banyak temenmu yang tau. :)

Terima kasih.

2 komentar

Halo kak? Aku kepingin bgt jadi anggota paskibra nasional, semua syarat inshaa Allah terlaksana tapi ada satu yang ga terlaksana yaitu umur, wktu aku kelas 1 sma aku baru berumur 14 thn dan kelas 2 sma pun baru 15 thn, apa aku bisa masuk ke paskibra nasional walau ada kekurangan pada umur?

Saya rasa tidak bisa.
Karena umurnya terlalu jauh terpaut.

Tapi saya juga tidak bisa memastikannya secara pasti.
Coba tanya saja sama pihak terkait biar mantab jawabannya. :)

Ayo berkomentar! :)

Ungkapkan pendapatmu!
EmoticonEmoticon