Tuesday, June 13, 2017

Berpikir untuk Keluar dari Paskibra? Yakinkan Dirimu untuk Bertahan

alasan keluar paskibra
Apa yang membuatmu ingin keluar paskibra?

Masih ingatkah kamu, saat pertama kali tau soal paskibra dan betapa antusiasnya kamu saat itu?

Sekarang kamu sudah tau paskibra itu seperti apa, kamu hendak keluar.

Apa sebenarnya yang ada dipikiranmu.

Alasanmu pasti nggak jauh-jauh dari 2 hal ini:

  1. Tugas makin banyak
  2. Dimarahin orang tua

Tapi apakah benar demikian?

Kenyataannya tidak.

Keluar dari paskibra dengan 2 alasan itu adalah kasus klasik. Hampir semua pangkalan mengalaminya. Nggak cuma satu kali, tapi berkali-kali di setiap angkatan.

Mereka bilang seperti itu karena 2 alasan itu mereka anggap kuat dan nggak terbantahkan.

Padahal, 2 alasan itu (menurut saya) adalah alasan yang nggak bisa diterima karena mereka tidak bisa menggenapi janjinya saat mendaftarkan diri.

Mendaftarkan diri lho bukan didaftarkan.

Apakah kamu mau ikut-ikutan?

Yaudah deh, saya tak alesan sakit ini itu...

Saya jadi teringat, ada salah satu teman dari teman saya, dia keluar paskibra dengan alasan penyakit.

(Sebenarnya dia sehat.)

Dia memang berhasil keluar dari paskibra dengan cara ini.

Namun, jika orang itu mengalami penyakit itu, siapa yang hendak disalahkan?

Ingat, ucapan adalah doa. Jangan main-main dengan ucapan.

Kalau kamu emang sakit beneran, kamu pasti nggak bakalan keterima jadi paskibra di awal.

Diterima pun pasti karena penyakitmu itu masih bisa ditolerir dan dianggap bakal kuat ngejalanin latihan.

Yang ngurus pangkalan kan nggak cuman 1 kepala. Jadi penerimaanmu sebagai anggota paskibra, sebenarnya, melalui proses debat yang alot.

Jadi gimana dong? Aku beneran nggak dibolehin orang tua aku...

Kalau aku jadi kamu, aku bakalan nyari tau akar masalahnya. Kenapa kok tidak boleh paskibra-paskibrakaan lagi.

Temuin itu. Selesaikan bareng-bareng sama temen.

Kamu nggak mau?

Yaudah. Kamu emang nggak pantes dipertahankan dan selamat kamu membuang waktumu selama n bulan di paskibra.

Jangan salahkan paskibra, jangan salahkan Tuhan juga (Tuhan selalu merencanakan yang terbaik buat kamu).

Btw, 2 alasan itu sebenarnya berhubungan.

Kemungkinan pertama...

Kamu latihan terus, kamu nggak belajar, nilaimu jelek, dimarahin orang tua, orang tua tidak mau kamu ikut paskibra lagi.

Kemungkinan kedua...

Kamu ada jadwal latihan terus, kamu nggak ikut latihan malah main bareng temen lain, kamu nggak belajar, nilaimu jelek, dimarahin orang tua, orang tua tidak mau kamu ikut paskibra lagi.

Jadi, sebenarnya, problemnya ada di kamu sendiri. Bukan orang lain.

Ya tapi itu terserah kamu, mau mengakui atau tidak.

Hehehe.

Tapi harapanku, kamu tetep jadi paskibra, tetep membanggakan orang tua melalui hal itu.

Membanggakan orang tua di jalur akademis aja udah bikin bangga, apalagi ditambah jalur non-akademis. Makin banggalah.

Perkara pemecahan masalahnya gimana, bisa dong didiskusikan sama teman-temanmu. :)

Kamu mau cerita?

Silakan komentar atau juga bisa mengirim e-mail ke saya jika tidak ingin terpublikasi namanya.

Dan bagi yang share artikel saya, harap hati-hati. :D

Terima kasih.

Thursday, June 8, 2017

Apa yang Bakal Diomongin "Mantan" Paskib Pas Lagi Kumpul Bareng?

Pernah tidak kamu bayangkan, kamu sudah lulus dan besok bakal kumpul bareng lagi sama teman-teman paskibra?

Nah. Kira-kira apa ya yang bakalan dibahas pada waktu itu....

(Yang udah tau dan mengalami diam ya. Hehe. Nanti kelihatan tua #Peace)

Yang Bakal Dibicarakan Mantan Paskibra


mantan paskibra lagi kumpul

Saya bisa cerita seperti ini karena saya sudah mengalami masa-masa itu.

Tapi saya masih muda kok. Hehe.

1. Masa-masa kocak pas latihan


Siapapun yang udah melewati masa-masa kocak, pasti akan membicarakan kekocakan-kekocakan itu terus menerus.

Mungkin bagi orang-orang lain cerita itu sudah basi, tapi bagi kamu cerita itu masih segar untuk ditertawakan.

2. Masa-masa digemesin pelatih


Hehe. Biar agak halus.

Kamu bakalan, seneng banget ketika membahas masalah ini.

What? Kenapa?

Karena kangen sama mereka dan berharap digemes-gemesin lagi. Ya walaupun itu di mulut saja.

3. Masa-masa cinlok terjadi


Sebagian besar pebaris pernah mengalami cinta lokasi.

Tapi ada juga sih yang pas jadi paskibraka tidak suka-sukaan tapi akhirnya menikah.

Kalau begini ceritanya sih ya nggak jauh-jauh dari cara-cara pacaran mereka yang kocak. Heheheh

4. Masa-masa bahagia


Masa bahagia itu banyak.

Bisa karena menang lomba, bisa karena dapet junior banyak, dan bahkan bisa memenangkan junior lomba.

Ya. Gitulah.

Dah jangan baper...


Semoga abis membaca ini, kamu tidak baper.

Kalau baper, besok diajak buber.

Besok tidak puasa?

Disuruh puasa bareng-bareng terus buber deh. Hehe.

Terima kasih.

Sunday, May 7, 2017

Kita Mulai Melangkah Naik Lagi

[Sebatas mengabadikan momen]

Jadi teringat 4 tahun yang lalu, saat pertama kali membawakan adek-adek SMP membawa piala untuk pertama kalinya.

Saat itu kami bukan siapa-siapa, kami tidak diperhitungkan, apalagi dianggap.

Dewasa ini, saya baru sadar langkah kami saat itu benar.

Ikut lomba dan menang, mengubah segala cerita.

Saya semakin percaya bahwa langkah kecil itu sudah melampaui segala harapan hingga kedepannya nanti.

Hmm. Saya jadi membayangkan, apabila saat itu tidak dimajukan lomba. Apakah keadaannya seperti sekarang?

Tentu tidak.

Begitupula, yang terjadi pada adek-adek SMA kemarin.

Namun sebenarnya, yang terpenting bukanlah piala, bukanlah uang, bukanlah pengakuan, tetapi orang-orang yang ada di sini, saat ini, di hati ini.

Selamat bagi jajaran Pembina, Pelatih, Alumni, Senior, PSB, dan Paslom Patipiska atas kemenangannya.

&

Selamat bagi jajaran Pembina, Pelatih, Alumni, Senior, Monitoring, dan Paslom Pati Smaliska atas kemenangannya.

Ingat!
Tetaplah berusaha meraih mimpi dan berpijak pada bumi.

Thursday, April 20, 2017

Kenapa Tidak Ada Balik Kiri dalam Baris Berbaris? [Sharing]

Sampai sekarang, masih banyak pebaris yang bertanya dalam hatinya,

"Kenapa tidak ada balik kiri?"

Apakah kamu juga?

Sebenarnya saya juga, tapi masak iya saya yang sudah gede tidak tau alasannya balik kiri ditiadakan.

Hehehe..

Cerita saja, awalnya dulu saya berpikir bahwa aba-aba baris berbaris itu selalu ada temannya. Hadap kanan dan hadap kiri, belok kanan dan belok kiri, hormat kanan dan hormat kiri, dll.

...termasuk dengan balik kanan.

Balik kanan pasti punya teman, yaitu balik kiri.

Tapi, setelah lama waktu berjalan saya baru sadar ternyata tidak ada balik kiri.

(Mungkin untuk variasi formasi ada deh. Hmm.)

Menurut penuturan beberapa orang, balik kiri tidak ada karena beberapa hal berikut.
  1. Sudah ada balik kanan, sehingga tidak perlu balik kiri yang menuju arah hadap yang sama.
  2. Balik kiri susah untuk dilakukan.
  3. Di luar negeripun juga tidak ada balik kiri, adanya balik kanan karena kanan itu right. Dan right itu benar. (Cocoklogi banget nih)

Heem. Menurutmu gimana, kok tidak ada balik kiri dalam pbb?

Mari kita berinteraksi melalui postingan kali ini.

Friday, March 17, 2017

Menyusun Strategi Kembali Tidak Sama dengan Memulai dari Awal

menyusun strategi
Perjuangan kita belum berakhir.

Masih banyak benang yang belum lurus.

Coba ingat masa saat kita belum kenal apa-apa. Gimana bersemangatnya kita waktu itu.

Pernahkah kau menghiraukan orang-orang di sekitarmu yang bilang,"Paski itu nggak perlu, paski itu nggak guna."

Sekarang, kamu sudah tau bagaimana susahnya menjadi Paskibra.

Banyak himpitan yang semakin menekan badan siang dan malam.

Banyak tekanan yang semakin menghimpit pikiran sadar dan tak sadar.

Lantas, apakah sekarang waktunya berhenti?

Tidak.

Jika kamu berhenti sekarang, sama saja kamu menyerah dengan tantangan yang datang dari dirimu sendiri.

Kamu jangan menyerah sekarang. Percaya padaku, pada temanmu.

Percayalah pada temanmu yang selalu berjuang sendirian sekarang. Percaya pada dia yang telah kau tinggalkan berjuang sendiri.

Karya ini harus tetap kau jaga.

Kau harus mau berkorban. Kau harus mau tetap berjuang bersama temanmu yang tetap tegar menjaga karya itu dalam hatinya.

Ketahuilah, banyak orang di luar sana menunggumu dan temanmu itu jatuh.

Mereka akan bersorak kegirangan ketika melihat apa yang kau miliki hancur.

Ini bukan masalah malu atau pun gengsi, ini masalah komitmenmu terhadap janji pengorbananmu di awal.

Masih maukah kamu pergi?

Ayo. Kita susun strategi lagi.

Kita sudah tau bagaimana medan tempur kita. Akan lebih mudah memulainya kembali daripada saat kita belum tau apa-apa.

Aku tunggu kau, di bawah tempat teduh itu. Kita mulai permainan dari awal lagi.

Monday, February 27, 2017

Sebuah Karya yang Harus Tetap Dijaga

sebuah karya
Biasanya yang ada di belakang layar adalah orang yang memiliki nama besar.

Namun bukan berarti, orang itu akan sehebat di belakang layar ketika tampil di depan penonton.

Orang tidak mungkin hebat diberbagai sisi kehidupannya.

Tidak mungkin orang 100% hebat dan tidak akan orang 100% lebih busuk dari sampah.

Ada kalanya memang.

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama di bidangnya masing-masing..

Yang membedakannya hanyalah waktu.

Mungkin kali ini Kamu, Anda, Kami, Kita belum diberi kesempatan itu.

Apabila masih diberi kesempatan, bantu Aku, Saya, Kami, Kita untuk berjuang, lagi, dan lagi, lebih lagi.

Jangan larut pada kesedihan dan kekecewaan. Ayo bangun. Bangkitlah.

Semangat. Masa depan menanti ngger.. :D

#Sederhana banget ya

Kenapa Kamu Menyerah?

Jangan menyerah

Tadi saya duduk di bawah teduhnya beranda rumah.

Saya melepaskan pandangan ke langit dan menemukan luar biasa telah terjadi.

"Kenapa hal ini bisa terjadi?" #Bergumam sambil melihat ke awan yang bergerak cepat

Saya seperti melihat bayangan masa kecil saya.

Awan-awan di langit membimbing saya lebih jauh lagi menyelami setiap masa bahagia saya.

Setiap pencapaian, setiap keberhasilan, setiap penghargaan, bahkan setiap tawa teman-teman.

Lama saya mengingat itu.

Tiba-tiba, saya bertanya di benak saya, mengapa saya bisa mendapatkan itu semua?

Lantas, awan-awan itu membimbing saya lagi tapi membimbing saya menuju mendung.

Mendung yang berbeda dari biasanya.

Mendung ini membuat saya mengurutkan setiap kisah yang tercipta.

Saya menemukan ingatan itu.

Dulu saya masuk ke dalam pusaran hujan yang deras.

Meninggalkan rasa nyaman memeluk guling dan bantal kesayangan di kamar.

Saya berjalan menuju tempat si Dia berada.

Di tempat yang di isi dengan orang-orang besar, saya lalu berlari dan berusaha mengambil Dia.

Semuanya kalah.

Saya menang.

Saya membawa Dia pulang untuk menggantikan guling dan bantal kesayangan.

Karena keberhasilan itu, saya tidak peduli lagi jika terus menerjang hujan.

Yang penting bisa membawa Dia pulang lagi dan lagi.

Hmm. Saya pernah tidur dengan Dia beberapa kali.

#Duargedergedergeder

Tiba-tiba saya terbangun dari lamunan saya.

Saya jadi merasa rindu Dia.

Saya ingin memeluknya lagi saat hujan atau panas.

Tapi, apa daya.

Saya sekarang terlalu lemah untuk berlari dan bertarung.

Sekarang saatnya saya memeluk guling dan bantal kesayangan sambil menunggu WA dari mereka.

...ketika mereka berhasil membawa Dia pulang untuk dipeluk.

Leeee kumbahane dintasi sik!! Cah lanang, ewangi Ibuke!!

Hiyo mbok yuuu.... #ngentasi pemean

Tuesday, February 14, 2017

Kata-kata Variasi Formasi Paskibra yang Cocok untuk Setiap Event

kata-kata variasi formasi pbb paskibra
instagram.com/pasdiwikasmansawel/
Jika kamu bertanya-tanya:

Apa kata-kata yang pas untuk bagian ini?

Apa kata variasi yang tepat untuk sesi ini?

Bagaimana cara mencari kata-kata yang cocok untuk variasi formasi ini?

Apakah kata-kata yang bagus untuk variasi pasukan saya?

Kamu ada ditempat yang tepat.

Ini adalah panduan yang dibuat khusus untuk kamu agar bisa menemukan kata-kata tak terduga untuk variasi formasimu.

Kata-kata variasi formasi


Sebelum menentukan kata yang akan dipakai, kamu harus tau kesan apa yang ingin dimunculkan dalam variasimu.

Kesan-kesan itu antara lain:

  1. Kesan sangar
  2. Kesan cewek
  3. Kesan kedaerahan
  4. Kesan 'main-main'

Nah, sekarang pahami dulu, variasimu itu mau membawa kesan yang seperti apa.

Sudah?

Baiklah.

Setiap kesan memiliki diksinya masing-masing.

Kalau,

  1. Kesan sangar tentu saja menggunakan kata-kata tegas dan padat.
  2. Kesan cewek menggunakan gestur dan bahasa ngehitsnya cewek. Teriak-teriak ala cewek kejambret juga tidak apa-apa.
  3. Kesan kedaerahan ini menggunakan bahasa daerah sebagai bumbunya.
  4. Kesan 'main-main' menggunakan kata-kata populer dari yang sesuatu sedang viral.

Hati-hati...

Banyak orang salah dalam pemilihan kata dan penentuan kesan, sehingga variasi yang ditampilkan tidak maksimal.

Kenapa bisa?

Mereka nggak tau gimana keadaan paskinya.

Masak iya, pasukannya sangar-sangar diberi yang nomor 4.

Ya kalau mukanya nggemesin kayak cewek-cewek nggemesin. Lha kalau endakk...

Oke.. Ini referensinya.

1. Bahasa daerah


kata-kata variasi formasi untuk paskibra

Kamu bisa memilih kata-kata dari bahasa daerahmu jika memang padanan kata yang membuat kesan variasimu makin muncul.

2. Bahasa gaul


kata2 untuk variasi formasi

Kamu bisa pakai bahasa gaul kalau kesan yang ingin ditimbulkan girly banget atau yang 'main-main'.

Pilih diksi yang sederhana tapi sesuai dengan apa yang ingin disampaikan.

3. Nama kesatuan dan motto TNI/Polri/Instansi

Lambang TNI
Lambang TNI

Kamu bisa memilih kata-kata seperti Jalesveva Jaya Mahe (Motto TNI AL)

Atau Swa Buana Paksa (Motto TNI AU)

Motto dan Pataka dalam TNI Angkatan Laut

TNI AL : Jalesveva Jayamahe
Satuan Komunikasi/TNI AL : Hatu Caraka Bhuana
Janhidros/TNI AL : Jala Citra Praja Yudha
Satuan Ranjau/TNI AL : Radipta Jala Jalesyudha
Satuan Amfibhi/TNI AL : Dwi Daya Yudha
POMAL : Wijna Wira Widhayaka
Denjaka : Satya Wira Dharma
Satuan Kapal Selam : Wira Ananta Rudhira
Korps Pelaut/TNI AL : Siaga Selalu Waspada
KRI 366 Diponegoro : Bertempur dan Menang
Kobangdikal : Dharma Vidya Adhiguna
Kowal : Pengabdian dan Kehormatan adalah Jiwaku
Koarmatim : Ghora Wira Madyajala
AAL : Hree Dharma Shanti
Seskoal : Dharma Wiratama
Kopaska : Tanhanna Whigna Tansirna
Korps Marinir : Jalesu Bhumyamca Jayamahe
Yontaifib/Korps Marinir : Mayanetra Yamadipati
Kodikmar : Jala Mandala Sakti
Tontaikam/Brigif 1 : Atita Arta Anta
Rupanpur/Korps Marinir : Persahabatan, Perdamaian dan Harmoni
Pasrat Marinir : Mendarat dan Menang
Pasmar 1 : Raksa Nusantara Sakti
Resimen Kavaleri Marinir : Satya Bhakti Braja Yudha

Motto dan Pataka Satuan TNI Angkatan Udara

TNI AU : Swa Buana Paksa
POMAU : Wira Waskita
Wara : Kanya Bakti Sakti Sejati
AAU : Widya Karma Vira Paksa
Korps AU :  Abhibute Antarikse
Kosek Hanudnas 1 : Labdha Yudha Nirbaya
Kohanud : Saraksita Nabhastala
Koharmatau : Sewana Karya Budhi  Sakti
Kodikau : Vidya Sana Viveka Vardhana
Koharnudnas : Labda Prakarsa Nirwikara
Kopatdara  : Nitya Samakta Maawarti Sarbaya
Kodau I : Sonya Gati Gatra Ghuwana
Kodau II : Bhakti Bhina Kerta Bhuwana
Kodau III : Ganti Prabivita Sthala
Kodau IV : Wira Dharma Bhakti
Kodau V : Karya Phalam Anasritam Kurmahe
Kodau VI : Nityasa Prayatna Eka Mandala
Skuadron 101 : Jupiter
Skuadron 11/ Helyserbu :  Amur Amara Jaya
Skuadron 31/Helyserbu :  Amur Yudha Cakti
Skuadron 12/Helyserbu : Amur Jaya Yudha
Skuadron 21/Sena : Akasa Akraya Yudha
Skuadron 4 : Apnute Kriya Hayu Uliha
Skuadron 12 : Temukan Dan Hancurkan
Skuadron 1 : Little But Lethal
Skuadron 8 : Segesit Puma Sekuat Gajah
Korpaskhas/TNI AU : Karmaye Vladikakarate Mafelesu Kadatjana
Den Bravo 90/Korpaskhas : Catyawihikan Tyama Kepala
Wing  1 Paskhas (Hardha Marutha)  : Bertindak Cepat Dan Tepat
Skuadron 461 Paskhas : Cakra Bhaskara
Skuadron 462 Paskhas : Pulanggeni
Skuadron 465 Paskhas : Brajamusti

Motto dan Pataka Satuan TNI Angkatan Darat

TNI AD : Kartika Eka Paksi
POM AD : Satya Wira Wicaksana
Korps Kavaleri/TNI AD : Tri Daya Cakti
Korps Arhanud/TNI AD : Vyati Raca Balacakti
Korps Armed/TNI AD : Tri Shandya Yudha
Korps Zeni/TNI AD : Yudha Karya Satya Bhakti
Den Arhanud Rudal/003 : Akaca Rakca Ksatria
Kolinlamil : Satya Wira Jayatama
Ditkesad : Hesti Vira Cakti
Ditbekangad : Bhakti Ksatria Jaya
Dithubad : Chigra Apta Nirbaya
Ditpalad : Dwi Cakti Bhakti
Pusdikif : Yudha Wastu Pramuka
Yon Bekang 4 Air/TNI AD : Kalaka Rata Yudha
Denkavkud/TNI AD : Bala Turangga Cakti
Pusdik Arhanud/TNI AD : Vyati Rakca Ksatria Bhuana
Doktrin TNI AD : Tri Ubaya Cakti
Puspenerbad : Wira Amur
Kowad : Sad Satya Sri Sena
Akmil : Aditakarya Mahatmavira Negara Bhakti
Kodam Iskandar Muda : Sangga Mara
Kodam I/Bukit Barisan
Kodam II/Sriwijaya
Kodam Jaya
Kodam III/Siliwangi
Kodam IV/Diponegoro : Sirna Ning Jaksa Katon Gapuraning Ratu
Kodam V/Brawijaya
Kodam VI/Mulawarman
Kodam VII/Wirabuana
Kodam IX/Udayana
Kodam XII/Tanjungpura
Kodam XIII/Merdeka
Kodam XVI/Pattimura
Kodam XVII/Cendrawasih
Kodam XVIII/Kasuari
Bekangdam 1 Bukit Barisan : Bhakti Ksatria Jaya
Rindam Jaya : Cipta Wira Judha
Rindam Iskandar Muda : Mendidik Mengabdi Membangun
Kostrad : Dharma Putra
Kompi Taipur/Denintel Kostrad : Cepat Tepat Tuntas
Divisi 1 Kostrad : Rakarsa Vira Gupti
Yonkes 2 Div 2/Kostrad : Yudha Bhakti Husada
Yonif Linud 330 Tri Darma/Kostrad : Berjuang Berbakti Membangun
Yonif Linud 305 Tengkorak/Kostrad : Daripada Menyerah Lebih Baik Mati Bercermin Tengkorak
Yonif Linud 328 Dirgahayu/Kostrad : Setia Satria Rendah Hati
Yon Arhanudri 1 Rajawali/Div 1 Kostrad : Urwa Bhraja Cakti
Yon Arhanudri 2 Alap-Alap/Div 2 Kostrad : Amwangan Bhuana Wicesa
Divisi 2 Kostrad : Vira Cakti Yudha
Yonif 400 Banteng Raiders : Pantang Mundur
Yonif 232 Buaya Putih Raiders : Mangkalana Digjaya
Yonif Raiders: Cepat Tepat Senyap
Yonif 300 Raiders : Ngaguyup Sa Awi Wulung Ngahiji Sa Kai Jati
Yonif 726 Tamalatea : Tak Pernah Layu
Yonif 711 Raksatama : Manggala Yudha
Yonif 631 Antang  : Berani dan Setia
Yonif 203 Arya Kamuning : Setia Satria Perkasa
Yonif 310/Kidang Kencana : Iklhas Karya Utama
Yonif 126/Kala Cakti : Berani dan Percaya Diri
Yonif 408/Subhrasta : We are The Milittan Skill and  Propesional Soldier
Yonif 312/Kala Hitam : Berani dan Rendah Diri
Yonif 112/Dharma Jaya : Setia Berani Tangkas
Yonif 411/Pandawa : Kanti Pendawa Terus Manunggal
Kopassus : Tribuana Chandraca Satya Dharma
Kopassus Group 1 :  Eka Wastu Baladika (Senyap dan Cepat)
Kopassus Group 2 :  Dwi Dharma Bhirawa Yudha (Tanggap dan Cepat)
Kopassus Group 3 : Catur Kottaman Wira Naraca Byuha (Cakap dan Terampil)
Pusdik Passus : Tri Yudha Sakti
Sat-81 Gultor/Kopassus : Siap Setia Berani

Reserse : Sidik Sakti Indera Waspada
Intelkam : Indera Waspada Nagara Raharja
Korps Brimob : Jiwaragaku demi Kemanusiaan
Gegana: Setia, Tabah, Waspada

Paspampres : Setia Waspada
  • Grup A :  Jujur Setia Waspada
  • Grup B :  Tangguh Setia Waspada

4. Tema dan Penyelenggara event


kata2 pariasi pornasi

Setiap event pasti ada tema dan penyelenggaranya.

Kamu bisa menyebutkannya di variasi,

Contoh: SMA Negeri 2 Semarang ada event dengan tema Bendera Jiwa Bangsa.

Kita bisa menyebut kata "Smanda Jaya Semarang Berseri" dan "Demi Bendera Jiwa Bangsa Berjuang."

5. Puisi/lagu


kata-kata variasi pbb

Kamu juga bisa memberikan puisi atau lagu dalam variasi.

Saat langkah tegap atau langkah perlahan, danton diberi omongan puisi atau lagu (namanya deklamasi).

Bonus.


Kamu harus kreatif dan peka terhadap keadaan di sekitar.

Jangan tanya google terus.

Kita sama-sama punya aset.

Dimana?

Di otak kita.

Tinggal usahanya bagaimana.

Kita sama-sama manusia.

Gagal? Jelek? Uellhiiikk?

Ndapapa. Baru belajar. Yang penting kan belajar.

Ingat: Kita datang bukan hanya untuk menjadi pemenang tapi juga untuk mengalahkan pemenang.

Pemenang yang selalu menang dalam hidup kita.

Malas, nggak peka, nggak kreatif, dan emosi negatif lainnya.

Semangat!


Baiklah.

Semua asetku sudah kubagikan padamu.

Bagaimana menurutmu?

Bagikan pendapatmu melalui komentar sekarang.

Kalau nggak mau, tolong share artikel ini ke sosmedmu.

Terima kasih.

Friday, February 10, 2017

Buat Kamu Anak Paskibra, Kamu Nggak Bakal Lupa 7 Hal Ini, Apalagi Nomor 3

Kita sama-sama tau kalau kenangan itu nggak bisa dihapus.

Termasuk kenangan kita sewaktu bertugas sebagai seorang Paskibra.

Mulai dari kenangan-kenangan lucu sampai aneh, terngiang-ngiang di kepala hingga sekarang ini.

Apa saja kenangan itu?

1. Masa latihan


ingat masa latihan
SMK Karya Pembaharuan Sukatani | Sumber: instagram.com/sof1998/

Kamu pasti akan mengingat masa latihanmu.

Mulai dari gimana panasnya matahari waktu latihan sampai kejadian-kejadian lucu yang mewarnainya.

Mulai dari keseriusan karena dilatih senior galak sampai ngrasain gimana ademnya dilatih kakak cantik.

(Maklum saya cowok... wkwkwkwkw)

Setelah masa latihan selesai, kamu tidak akan pernah lupa untuk membahas itu bersama teman-teman yang seangkatan denganmu.

Asik bgt ya...

2. Pencapaian-pencapaianmu


ingat pencapaianmu
SMA Negeri 1 Surabaya | instagram.com/dandyvinales25/

Pencapaian itu nggak harus dapet piala lho.

Dengan kamu ikut lomba aja itu sudah bisa dianggap sebagai pencapaian.

Mungkin ikut lomba A itu dapet piala tapi waktu ikut lomba B nggak dapet sama sekali.

It's okay.

Itu udah sebuah kenangan.

Dan, pasti kamu akan terus menceritakannya dari generasi ke generasi berikutnya.

3. 'Main' bareng temen


main bareng
Sumber: instagram.com/yogi_gunardi/

Seringnya interaksi antara kamu dan teman-temanmu pasti akan membuatmu diajak main ke tempat-tempat seru.

Mulai dari ke sebuah pantai untuk sekedar bersenang-senang, sampai ke rumah temen yang nggak pernah datang latihan. #upss

Mulai dari acara yang happy-happy sampai acara yang tegang kayak diklatsar.

4. Dimarah-marahin senior


dimarahin senior
Sumber: www.kevinspear.com

(Btw, gambarnya salah. hehehehe)

Jika selama latihan kamu belum pernah dimarahin sama senior, kamu nggak akan ngerasain hidup di paskibra.

Wkwkwkwk.

Kamu bakal kangen gimana suara kerasnya menggema di telingamu.

...atau kamu bakal kangen gimana judesnya jawaban dia sewaktu diajak ngomong. :D

5. Dimarah-marahin orangtua


Dimarahin orangtua

Abis latihan mesti kembali ke rumah. Ya kan?

Tapi pas sampai rumah, kamu malah dimarahi sama orangtuamu.

Cara memarahinya akan kamu ingat sampai tua, dan akan menjadi bahan candaan kelak.

6. Disindir-sindir guru


Disindir guru

Pas latihan kena, di rumah kena, pelajaran pun kena pula.

Tugas banyak, guru terus ngasih deadline, tapi cuma bisa senyum-senyum sendiri karena nggak bisa tepat waktu.

Wkwkwkwk..

Yang penting ngumpulin.

7. Senyumannya


kenangan jadi paskibra
Sumber: instagram.com/yusril_zonk/

Ihiiir.

Kamu bakalan inget bianget nih....

Gimana manis senyumannya Dia yang ada di paskibramu.

Karena dia -mungkin saja- sekarang ada di sebelahmu sekarang ini.

ingatan jadi paskibra
Sumber: instagram.com/ayu_sekar07/

Tapi nggak melulu soal gebetan sih.

Kamu juga bakal inget banget gimana senyuman dan tawa teman-temanmu.

Entah mbahas tentang latihan, senior, sekolah, dan bahkan hal-hal nggak penting.

Ending.....


Apapun jabatan kamu di paskibra sekarang ini, pasti kamu akan kangen gimana serunya kumpul sama temen-temen kocak yang selalu ada.

Semoga terus bisa barengan ya.

#maksa

Udahan ah, giliran kamu ceritain apa yang nggak bisa dilupain pas tugas jadi paskibra.

Aku tunggu di komentar ya.

Kalau nggak mau komentar, share aja deh ni artikel ke sosmedmu. ;)

Terima kasih.

Monday, January 30, 2017

Perjuangan Tiada Akhir

Perjuangan

Kita akan terus maju
Kita akan terus menderapkan langkah kita ke depan
Berjalan dengan tegap tanpa rasa sombong
Berjalan dengan gagah tanpa rasa malu
Setiap haluan melintang akan kita libas
Berjuang demi tujuan

Hey, jangan melihat dia dia dia
Kita adalah kita
Kita berjuang dengan cara kita
Jangan sampai kita disusupi asing
Semua yang datang memang baik
Tetapi tidak semuanya bisa dilakukan

Kita harus memilih
Jangan cuma ya ya ya
Jangan semua diterima dan jangan semua ditolak
Kita akan hancur
Pikir, pikir, pikir
Mana yang putih mana yang hitam
Mana yang cocok mana yang tidak pas
Globalisasi sudah menyerang
Kita harus kuat
Jangan sampai kita tergerus lalu kalah
Kita harus berpikiran terbuka

Karena kita datang bukan hanya untuk menjadi pemenang
Tetapi juga untuk mengalahkan pemenang
Pemenang yang ada dalam diri kita
Sombong, benci, marah, tidak terima, atau apapun itu
Buang semua itu dan menyerahlah
Menyerah pada Tuhan